Home / Banjarmasin / Pelaksanaan Tes CPNS Kalsel 3 November

Pelaksanaan Tes CPNS Kalsel 3 November

ilustrasi tes CPNS (ist)

ilustrasi tes CPNS (ist)

BANJARMASIN, PASTI@ – Pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baik untuk kabupaten dan kota serta Provinsi Kalimantan Selatan bakal dilaksanakan pada 3 November 2013.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Selatan Thamrin di Banjarmasin, Rabu mengatakan, pendaftaran CPNS akan dilaksanakan pada awal hingga akhir September ini sesuai dengan formasi masing-masing daerah.

“Setelah masa pendaftaran berakhir, pada 3 November tes dilaksanakan secara serentak bagi CPNS dengan sistem lembar jawaban komputer atau LJK,” katanya.

Menurut Thamrin, pada pelaksanaan penerimaan CPNS kali ini, pemerintah pusat memberikan dua opsi model tes seleksi CPNS yaitu bisa dengan tes tertulis seperti yang sebelumnya dilakukan atau dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Khusus Kalsel, kata dia, hanya Pemerintah Kota Banjarmasin dan Banjarbaru yang menyatakan siap menerapkan CAT ini, sedangkan daerah lainnya, dimungkinkan menggunakan cara lama atau tertulis.

Menurut Thamrin, dua model tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu dengan CAT hasil yang diperoleh lebih obyektif, pelamar akan langsung tahu nilai atau skornya, sehingga pada saat pengumuman tinggal melihat skor nilainya masuk atau tidak. Selain itu, pelamar bisa mendaftar lebih dari satu, karena waktu ujian dilakukan tidak bersamaan.

Hanya saja, tambah dia, dari dari segi sarana pendukung untuk sistem CAT ini, pihaknya baru bisa menjamin ketersediaan sekitar 300 unit komputer untuk peserta tes.

“Jumlah tersebut tentu kurang karena estimasi pelamar bisa mencapai minimal 5 ribu orang,” katanya.

Hal tersebut, tambah dia, berkaca dari pengalaman tahun sebelumnya ditingkat provinsi mencapai 6.000 orang, dan diperkirakan pada tahun ini tidak jauh berbeda, apalagi beberapa daerah hanya mendapatkan formasi CPNS guru.

Selain itu ujar Thamrin, pihaknya perlu mendatangkan tenaga khusus untuk pelaksanaan CAT ini dari Jakarta. Mengingat jadwal pelaksanaan pada 3 Nopember 2013, Thamrin Nampak pesimis mampu menyiapkan dengan matang. Tahun ini, Pemprov Kalsel dijatah menampung 191 CPNS dengan formasi 20 persen guru, 60 persen medis dan 20 persen teknis.

Terkait waktu pendaftaran CPNS tahun 2013, menurut Thamrin, sampai sekarang, sesuai hasil rapat BKD Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalsel, Selasa (3/8), belum bisa disampaikan ke masyarakat karena masih menunggu formasi. Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menurutnya, baru menyampaikan jumlah CPNS yang akan diterima untuk Kalsel yakni 1.094 orang yang terdiri dari tenaga pendidik, medis, dan teknis sedangkan secara rinci, belum disampaikan.

“Orang kan perlunya tahu berapa jumlah penerimaan masing-masing formasi, karena belum ada, jadi tidak bisa diumumkan”, jelasnya lagi.

Lebih lanjut disebutkan Thamrin, dari jumlah CPNS itu, beberapa daerah seperti Banjarmasin dan Banjarmasin, hanya menerima tenaga pengajar atau guru. Hal ini dimungkinkan imbas dari adanya pengangkatan tenaga honorer beberapa tahun terakhir. (ant/pasti)

Editor : Fajri

0 comments
Scroll To Top