Home / Nasional / PHRI: Hotel Kencangkan “Ikat Pinggang” Jika BBM Naik

PHRI: Hotel Kencangkan “Ikat Pinggang” Jika BBM Naik

salah satu hotel berbintang di kota Banjarmasin (pasti)

Salah satu hotel berbintang di kota Banjarmasin (dok.pasti)

JAKARTA,PASTI@- Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Yanti Sukamdani mengatakan pelaku industri di bidang perhotelan akan mengencangkan “ikat pinggang” dengan berbagai cara saat kebijakan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) diterapkan.

“Hotel menyadari karena BBM merupakan bagian dari produksi maka akan mengencangkan ‘ikat pinggang’ di semua sektor,” kata Yanti Sukamdani di Jakarta, Jumat (21/6).

Ia mencontohkan, manajemen Sahid Jaya Group Hotel di Jakarta menerapkan kebijakan penggantian alat-alat elektronik menjadi yang hemat energi. Selain itu, manajemen hotel itu mendaur ulang air dan menggunakan biodiesel hasil daur ulang sehingga tidak hanya sampah yang di daur ulang.

“Hotel juga melaksanakan penggiliran penggunaan listrik secara komputerisasi,” katanya.

Yanti mengakui, kondisi itu jelas akan memberikan dampak signifikan bahkan apabila setiap tahunnya pengeluaran untuk energi selalu naik.

“Kami menyadari suatu saat subsidi memang harus dikurangi, tetapi harus ada energi alternatif sehingga hotel memiliki pilihan,” katanya.

Namun, pihaknya mengusulkan perlunya pemberian insentif khusus jika diterapkan kebijakan kenaikan BBM supaya industri masih bisa bertahan.

“Jika kenaikan harga cukup tinggi maka akan ada potensi beberapa pengurangan dimulai dari pengurangan karyawan hingga terjadi ngurangan produksi dan pengurangan kamar,” katanya. (antara)

0 comments
Scroll To Top